Bolsel  

Komitmen Turunkan Angka Miskin Ekstrim, Bolsel Dapat Insentif Fiskal Rp. 6,3 M

https://halosulawesi.com/wp-content/uploads/2024/04/IMG-20240409-WA0047-768x768.webp

Halo Sulawesi. Bolsel- Bupati H. Iskandar Kamaru SPt, MSi memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Program Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan di Ruang Rapat Berkah Kantor Bupati, Kawasan Perkantoran Panango, Kec. Bolaang Uki, Rabu (8/11/23).

Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan berhasil mendapatkan insentif fiskal dari pemerintah pusat sebesar Rp. 6.313.683.000,- untuk pembiayaan progam-program percepatan penurunan kemiskinan ekstrem.

Dalam rapat itu, Bupati Iskandar menyebut bahwa berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2022 tingkat kemiskinan ekstrem yaitu 2,53% yang diindikasikan berada pada kelompok desil 1 tingkat kemiskinan.

Diketahui pula pada tahun 2023 Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan menerima data pensasaran percepatan penurunan kemiskinan ekstrem 2023 dengan jumlah masyarakat miskin ekstrem desil 1 yaitu 1883 KK dan 9455 individu. Ini sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 4.

Lanjutnya, Tim koordinasi penanggulangan kemiskinan daerah melakukan verifikasi dan validasi data dengan hasil yang didapat yaitu 90 KK dengan rincian 44 KK dalam data P3KE 2023 dan 46 KK data tambahan masyarakat yang benar-benar tergolong dalam masyarakat miskin ekstrem yang langsung ditindaklanjuti melalui Keputusan Bupati.

Selain itu, ada pula penyediaan rumah layak huni bagi masyarakat yang belum memiliki rumah dan masih hidup dalam kemiskinan ekstrem (58 KK yang terdata) serta penyediaan lahan perumahan bagi masyarakat yang tidak memiliki lahan tinggal (32 KK) melalui APBD.

“Kita harus bersyukur karena Bolsel mendapatkan insentif fiskal sebesar Rp. 6.313.683.000,- untuk pembiayaan progam-program percepatan penurunan kemiskinan ekstrem. Karena itu, sangat diperlukan dukungan semua pihak terkait dalam rangka menyukseskan program-program pemerintah daerah, lebih khusus program-program peningkatan kesejahteraan masyarakat,” terang Iskandar

Hadir dalam rapat, Sekda M. Arvan Ohy SSTP,MAP, para Asisten Sekda, para pimpinan PD beserta para Camat dan Sangadi di lingkungan Pemkab Bolsel.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *