Boltim  

Jelang Pilkada 2024, Bawaslu Boltim Ajak Masyarakat Untuk Mengawasi Bersama

BOLTIM – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu)  Bolaang  Mongondow Timur (Boltim) mengadakan  kegiatan pengawasan partisipatif bertajuk  “Bersama Rakyat Awasi Pemilu Bersama  Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu”.

Di mana, kegiatan ini dilaksanakan di Cafe Goba Molunow, Kecamatan Mooat, Senin 9 September 2024.

Serta, dihadiri oleh Ketua Bawaslu Boltim, Mutahir Mamonto, S.Kom, Kasek Bawaslu Muhdi Pasma, Mantan Komisioner Bawaslu  Hariyanto SE. ME, serta Panwascam di Tujuh Kecamatan.

 

“Untuk ASN aturannya sudah jelas. Saya  mengingatkan akan ada Pjs yang akan turun mengisi kekosongan kepeminpinan dan kami akan berkoordinasi terkait keterlibatan ASN dalam kampanye nantinya. Untuk Perangkat Desa juga sudah  di atur dalam Undang-undang Desa yang melakukan pelanggaran maka yang harus memberikan sanksi adalah pejabat pembina kepegawaian dalam hal ini Bupati,”  tegas  Mutahir.

“Kami akan melakukan rekomendasi berdasarkan pelanggaran yang timbul oleh ASN dan Perangkat Desa itu sendiri. Karena  kami sudah melakukan sosialisasi tentang aturan dan himbauan kepada ASN dan Desa di tiap Kecamatan minimal mereka faham akan aturan yang sudah kami sampaikan.” Tambahnya.

Sementara itu, Bapak Hariyanto, SE. ME, menjelaskan, Bahwa Pilkada di Boltim Kali ini terbilang cukup hangat karena  menghadirkan 2 pasang calon yang dikategorikan sama kuat.

“Nah bagimana Bawaslu harus melakukan pengawasan  dan harus berkolaborasi dengan banyak  pihak untuk turut serta terlibat dalam  melakukan pengawasan nantinya,”katanya.

Bawaslu Boltim melakukan pengawasan partisipatif ini dalam rangka mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam mengawasi proses Pilkada Boltim. Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya partisipasi dalam menjaga integritas dan keadilan Pemilu.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *