Boltim  

Bawaslu Bolmong Gelar Peningkatan Kapasitas SDM Panwascam

HALO SULAWESI,BOLTIM– Dalam rangka menghadapi Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Tahun 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menggelar Peningkatan Kapasitas SDM Panwascam, di Hotel Sutan Raja Kotamobagu, Senin 22 Juli 2023.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Bawaslu Boltim Mutahir Mamonto S,Kom Mpd, menyampaikan beberapa pesan penting kepada jajaran staf Bawaslu dan Panwascam dalam melakukan kinerja di lapangan.

“Kami berkomitmen untuk memberikan pelatihan intensif kepada seluruh anggota Panwaslu agar mereka dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan profesional dan integritas tinggi. Program pelatihan ini meliputi berbagai aspek, termasuk pemahaman regulasi dan undang-undang pemilu, teknik pengawasan, manajemen konflik, serta penggunaan teknologi informasi dalam pengawasan. Selain itu, Panwaslu juga berkolaborasi dengan PPK dan PPS yang ada di wilayah kerja masing-masing,” ucapnya.

Menurutnya tahapan sudah berjalan yakni pencoklitan, yang berlangsung dari bulan Juni sampai 24 juli 2024. Tahapan ini perlu untuk pengawasan dalam pencoklitan bagi Panwascam dan PKD, pastikan hak wajib pilih masyarakat itu terdata dan ditempelkan stiker yang sudah di coklit.

“Diharapkan seluruh panwascam sampai PKD lebih proaktif, bila mana ada temuan di lapangan sampaikan pada PPS dan PPK agar di perbaiki, agar tidak ada kendala sampai akhir tahapan pencoklitan, dan tahapan pencoklitan berjalan baik sesuai prosedur. Karena sesudah pencoklitan, kita akan menghadapi tahapan pendaftaran calon yang akan mendaftar di KPU, semoga dalam pendaftaran Paslon Bupati dan wakil bupati tidak ada halangan dan berjalan baik,” tegas Mutahir Mamonto.

Lebih lanjut, ,Kordiv HP2S Harmoko Mando,S.Hut menambahkan, dengan adanya kegiatan peningkatan SDM ini, diharapkan Panwaslu se-Kabupaten Boltim dapat mengawal proses Pilkada 2024 dengan lebih baik, sehingga tercipta demokrasi yang sehat dan bermartabat.

Dalam kegiatan tersebut juga menghadirkan narasumber, Robianto Suid. Dalam penyampaiannya, bahwa selama tahapan Pilkada perlu diperkuat terkait dengan pengawasan.

“Untuk peningkatan kapasitas SDM Panwaslu di Pilkada nanti, tentunya ada yang perlu di perkuat, seperti punya Integritas, jujur, mandiri, adil, dan akuntabel mampu mempertanggung jawabkan dan juga punya jiwa profesionalitas pengetahuan dasar hukum dalam kinerja panwascam dalam mengawasi,” tutur Robianto Suid.

Sekadar diketahui, kegiatan peningkatan kapasitas SDM Panwascam juga dihadiri Sekretaris Bawaslu Boltim Muhdi Pasma, Staf Bawaslu Boltim, dan seluruh Jajaran Panwascam. (adv/ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *